Jumat, 10 Desember 2010

Di Lokop, Aceh Timur : Gerombolan Gajah Obrak-abrik Puluhan Rumah

Di Lokop, Aceh Timur
Wed, Dec 8th 2010, 10:59

LOKOP - Segerombolan gajah liar yang diperkirakan berjumlah 62 ekor terus mengobrak-abrik 23 rumah milik petani di kawasan perkebunan pedalaman Lokop, Aceh Timur. Penyerangan oleh kawanan gajah tersebut juga mengakibatkan sebagian warga terpaksa mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Keuchik Ketibung Musara, Kecamatan Lokop, Bukhari Muslim MH, kepada Serambi melalui pesan pendek (Short Massage Service/SMS), Selasa (7/12) mengatakan, gajah liar sebanyak 62 ekor itu menghancurkan rumah berdinding papan dan atap seng, serta tanaman masyarakat di Gampong Ramphak.

Tragedi amukan gajah, terangnya, sudah mulai terjadi 1 Juni 2010 hingga mengakibatkan warga mengungsi ke tempat yang aman. Serangan gajah terbaru terjadi pekan lalu mengakibatkan puluhan rumah dan kebun rusak.

Ia merincikan, rumah dan kebun warga yang dirusak gajah adalah, milik Hamdan, Dolah, Narto, Rasidin, Ramin, Nurdin, Arian, Arwen, Rahman, Abu Leman, Zainuddin, Johan, Amir Hamzah, Payung, Samsir, Onot, di Dusun Ketibung. Sementara di GP SP 1 Kuala Pangguh ada 6 KK, yakni milik Bidin, Ahim, Garang, Akir, Selamat, Aman, Tgk Amir.

“Total sawit ada 25 hektare. Kawanan gajah sampai kini masih berada di kawasan itu. Kami minta pihak terkait BKSDA, LSM penduli lingkungan, dan pemerintah turun tangan,” harapnya.

Sebagaimana diketahui, amukan gajah dalam setahun terakhir masih menghantui para petani di sejumlah wilayah pedalaman Aceh Timur. Daerah yang sering diamuk gajah adalah Simpang Jernih, Lokop, Peunarun. Pante Bidari, Banda Alam, Idi Timu, Peudawa, Ranto Peureulak, Bayeun, serta Indra Makmue.(is)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar