Kamis, 03 Maret 2011

Waduk Jambo Aye terbesar di Indonesia

Sunday, 23 January 2011 18:05

BANDA ACEH - Perencanaan pembangunan waduk Jambo Aye di Kecamatan Cot Girek Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, merupakan waduk terbesar nomor tiga di Indonesia dengan luas lahan 11.700 hektar.

“Pembangunan waduk tersebut akan menghabiskan anggaran diperkirakan mencapai 330 juta dolar atau Rp3,5 triliun,” kata Kepala Dinas Pengairan Aceh Kadis Pengairan Aceh, Eko Selamet Purwadi, tadi sore.

Menurut Eko, pembangunan waduk tersebut akan dibiayai investor asal China, karena Pemerintah Indonesia dan Cina telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) pembangunan. Penandatanganan tersebut dilakukan di Beijing antara Menteri PU, Djoko Kirmanto, dengan Li Shenglin dari Kementerian Perhubungan, dan Chen Lei dari Kementerian Pengairan.

Kerjasama di bidang sumber daya air, selaras dengan upaya untuk melindungi dan menjaga kelestarian lingkungan hidup. Upaya tersebut bermanfaat untuk kepentingan irigasi dan mengendalikan bencana banjir guna menunjang peningkatan produktivitas para petani, pembangunan waduk ini juga bertujuan untuk kepentingan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang sangat vital bagi pembangunan dan kegiatan produktif di Aceh.

“Setelah pembangunan waduk selesai kemudian akan dibangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang diperkirakan mampu menghasilkan energi listrik berkisar 400-500 Mega Watt (MW) sehingga bisa membantu kecukupan arus listrik di wilayah itu,” jelasnya.

Lanjut dia, pada 2011 ini pembangunan waduk Jambo Aye masih dimulai pada tahap sertifikasi desain, pembangunan waduk tersbesar itu ditargetkan rampung pada 2017.

Di sisi lain, Eko Slamet menyebutkan, Aceh membutuhkan banyak pembangunan waduk untuk menampung jumlah debit air, terutama pada musim penghujan, karena Aceh luas akan lahan pertanian. Pembangunan waduk berskala besar manfaatnya besar bagi pengairan dan pencegahan banjir jika intensitas curah hujan tinggi," demikian Eko.

Sumber : Waspada.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar