Senin, 02 Mei 2011

Tim Lakukan Pemetaan di Perbatasan Atim-Bener Meriah

Fri, Mar 18th 2011, 08:20

IDI — Tim Provinsi Aceh yang terdiri dari beberap unsur, Rabu (16/3) turun ke perbatasan Aceh Timur-Bener Meriah guna melakukan pemetaan yang selama ini dipermasalahkan kedua kabupaten bertetangga itu. Tim teknis perbatasan wilayah Aceh yang diketuai, Drs Sakir MSi itu beranggotakan delapan orang, terdiri dari personel dari bidang Topografi Kodam Iskandar Muda dan Biro Pemerintahan Aceh, serta didampingi oleh tim teknis perbatasan Kabupaten Aceh Timur yang diketuai Asisten I Muhammad MH dan Adlinsyah MAP.

Kabag Humas Sekdakab Aceh Timur, Munzar SE, didampingi Kasubbag Humas, Samsul Qamal menyebutkan, dari Kabupaten Bener Meriah hanya diwakili oleh salah seorang anggota DPRK dan Kabag Umum Pemkab Bener Meriah. Menurut Munzar, tim akan turun ke perbatasan antara Kabupaten Aceh Timur dan Bener Meriah, serta beberapa dusun di Desa Blang Seunong, seperti Sarah Raja dan Sarah Gala.

Ketua Tim T2PW Pemerintah Aceh, Drs Sakir MSi mengatakan, setelah pihaknya meninjau semua daerah yang terjadi sengketa batas, hasilnya akan diserahkan ke Gubernur Aceh untuk dirapatkan. “Pemetaan ini nantinya juga akan membuat tapal batas yang jelas antara Bener Meriah dan Aceh Utara, sebab ada dusun di Aceh Utara juga berdekatan dengan Bener Meriah,”ungkap Sakir.

Persoalan tapal batas wilayah pedalaman Aceh Timur di Kecamatan Pante Bidari yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bener Meriah, belakangan ini semakin nyata, terutama setelah Camat Syiah Utama, Bener Meriah, Hudaidi mengirimkan surat kepada bupati setempat agar mengeluarkan larangan pengeboran minyak oleh Trianggle Pase Inc, yang mengelola sumur gas peninggalan Exxon Mobil, di Desa Blang Seunong.

Surat itu tembusannya disampaikan kepada perusahaan eksploitasi minyak tersebut mengundang reaksi keras dari Muspika Pante Bidari, Aceh Timur. Selasa (28/12), Camat Pante Bidari Burhanuddin SH bersama unsur Muspika dan Ketua DPRK Aceh Timur Tgk Alauddin meninjau langsung beberapa desa yang dikabarkan mendapat SK keuchik dari Bener Meriah tersebut.(is)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar