Senin, 06 Juni 2011

Longsor dan Banjir Bandang Hantam Birem Bayeun

* Dua Rumah Ambruk
Wed, Apr 6th 2011, 08:55

LANGSA - Setelah di Tangse, Pidie, musibah longsor dan banjir kembali menghantam Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur. Banjir dan longsor itu juga mengakibatkan dua rumah ambruk dan putusnya sarana transportasi di Jambor Labu dan Alue Sentang.

Informasi yang diperoleh Serambi, Selasa (5/4) sore menyebutkan, banjir bandang di Alue Seuntang dan longsor di Jambor Labu, terjadi Jumat (1/4) lalu. Meski tidak ada korban jiwa, namun banjir bandang telah mengakibatkan putusnya jalan dan jembatan sehingga sarana transportasi menuju ke Desa Jambor Labu terganggu.

Sekdes Jambor Labu, Sumardi, via telepon kepada wartawan mengatakan, banjir terjadi sejak empat hari yang lalu. Bahkan setelah terjadi banjir dan longsor, hubungan darat ke desanya putus total akibatnya amblasnya sebuah bukit kuburan. Menurut dia, beberapa alat berat milik Pemkab Aceh Timur telah dikerahkan selama tiga hari berturut-turut, sehingga arus transportasi kini sudah terbuka kembali.

Mengenai tiang listrik yang tumbang, kini belum diperbaiki oleh pihak PLN. Dia menyebutkan, areal perkebunan yang ditimbun longsor yakni kebun milik Suparno dan Hayadi serta beberapa warga lainnya. Camat Birem Bayeun, Akramuddin SSos membenarkan, longsor di Jambur Labu akibat hujan deras yang menguyur kawasan perdalaman itu sejak empat hari terakhir. Sementara dua unit rumah di Desa Alue Seuntang, ikut disapu banjir bandang. Pihaknya sudah menyiapkan armada menuju ke lokasi untuk mengantar bantuan berupa logistik untuk beberapa KK yang kini sedang mengungsi ke rumah familinya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur, Muhammad Ikbal mengatakan, pihaknya menyerahkan bantuan sembako kepada korban banjir Alue Seuntang, Selasa (5/4). Bantuan tersebut diterima langsung oleh Sekdes Alur Seuntang. Ikbal tidak merincikan bantuan sembako apa saja disalurkan itu.(is)

sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar