Senin, 21 Maret 2011

Hama Babi Resahkan Warga Aceh Timur

Sat, Feb 5th 2011, 09:27

IDI - Hama babi hutan kini semakin meresahkan warga sejumlah kecamatan di Aceh Timur. Belakangan binatang tersebut tidak saja menggerogoti tamanan umbi-umbian dan hortikultura, tetapi malah sudah sampai menerkam dan makan ternak seperti ayam, itik, dan kambing. Meski upaya perburuan terus dilakukan, namun karena populasi hewan tersebut sangat banyak menyebabkan warga kewalahan. Informasi yang diperoleh Serambi, Jumat (4/2), gangguan hama babi terjadi hampir di semua kecamatan dalam wilayah Aceh Timur, seperti di Simpang Ulim, Julok, Idi, Ranto Peureulak, Lokop, dan kecamatan lainnya.

Mukhtar, salah seorang warga Ranto Peureulak mengatakan, babi hutan sudah berani mendekat ke rumah penduduk. “Saat pagi hari banyak babi yang ditemukan nginap di dekat kandang ternak warga, malahan belakangan ada ayam yang dimakan babi,” ujarnya. Menurut dia, untuk mengantisipasi serangan hama babi, masyarakat di wilayahnya pernah meminta bantuan tim pemburu babi dari kawasan lain. Sehingga banyak babi yang mati Tapi, berselang dua pekan kemudian, hama babi kembali muncul untuk menganggu tanaman dan ternak warga.

Hal yang sama juga diungkapkan Hasballah, warga Julok. Menurut dia, kawanan hama babi tidak hanya menggasak tanaman palawija, tetapi ternak mulai dari ayam dan kambing juga ikut dikeroyok babi yang datang bergerombol. Terkait kondisi tersebut, warga mendesak dinas pertanian, peternakan, dan perkebunan untuk bisa ikut membantu warga mengantisipasi amukan hama babi hutan ini. “Semoga saja ke depan akan ada perhatian dari pemerintah,” ujar Mukhtar.(is)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar