Senin, 01 Agustus 2011

Abrasi Sungai Peureulak meluas

TUESDAY, 07 JUNE 2011 20:18

IDI, ACEH TIMUR-Akibat abrasi atas sungai Peureulak, di Kab. Aceh Timur, yang terus meluas, separuh badan jalan utama di Desa Pasir Putih, Kec. Peureulak Kota, habis dikikis. Bahkan, tidak sedikit terjadi kecelakaan di mana banyak kendaraan terperosok ke tebing sungai yang nyaris ambruk seluruhnya.

Dari hasil ambruknya tebing sungai Peureulak tidak hanya akibat abrasi yang kian meluas hingga puluhan meter. Tetapi juga disebabkan pembuangan sampah warga yang bermukim di Daerah Aliran Sungai (DAS). Kondisi tersebut mengurut pengakuan warga sudah terjadi bertahun-tahun.

Kendati demikian, tanggapan dari instansi terkait hingga kini belum manaruh perhatian khusus. Padahal ancaman keselematan sangat besar saat melintasi jalan utama menuju pusat pasar Kota Peureulak, lebih-lebih pada malam hari. “Jika tidak segera dibangun tebing sungai secara baik, maka akan terus makan korban,” ujar Iskandar Usman, tokoh pemuda Peureulak.

Menurut pengakuan Iskandar, dirinya kerap mendengar dan menerima informasi dari masyarakat setempat terkait abrasi sungai Peureulak yang menelan korban jiwa. Bahkan, warga juga kerap melaporkannya ke aparatur kecamatan untuk disampaikan ke instansi terkait, namun hingga kini belum ada tanda-tanda akan dibangun tebing sungai yang mampu bertahan hingga 10 tahun.

Oleh sebabnya, sambung Iskandar Usman, dia meminta Pemkab Aceh Timur melalui dinas terkait dimasa mendatang lebih jeli dalam mengusulkan pembanguunan daerah. “Utamakan kepentingan umum, seperti jalan dan jembatan ataupun tebing sungai di Peureulak, sehingga APBK ataupun sumber dana lain yang dikucurkan ke Aceh Timur dapat dirasakan masyarakat,” sebut Iskandar Usman.

Sumber Waspada.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar